Analisis Semiotika MITOS, METAFORA, dan METONIMI pada Iklan Rokok A MILD Versi "LANGKAH"

Kelompok:

Rakha Arner Fadlurahman Azhari - 202146500846 - R4K

Zulfa Aulia Novan Fadhilah - 202146500838 - R4K






MITOS

Iklan rokok A Mild versi "Langkah" ini terdapat pesan yang di sampaikan melalui video dengan narasi bahwa versi kamu pada hari ini adalah cerminan dari langkah-langkah yang pernah kamu lalui sebelumnya. Jadi A Mild memberi pesan bahwa langkah-langkahmu selanjutnya adalah penentu seperti apa hidup yang akan kamu jalani. Seperti slogan di akhir video "Go Ahead" dimana hal ini menegaskan bahwa perokok A Mild bisa bebas melakukan sesuatu hal yang disukainya tanpa adanya rasa ragu.


METAFORA

Metafora dalam iklan ini terdapat pada setiap scenenya, seperti pada scene pertama menampilkan langkah yang ringan dan memiliki makna hidup yang tidak ada beban, tidak ada masalah, dan perasaan bahagia yang digambarkan dengan seseorang menggunakan skate board. Scene kedua adalah langkah yang berat, langkah yang sulit di hadapi dan terdapat berbagai rintangan dengan di gambarkan oleh seorang perempuan menginjak permen karet, laki laki yang menaiki tangga dan sekelompok orang mendorong mobil. Scene ketiga adalah langkah mundur, langkah yang bermakna mencari sebuah rasa lama dan di gambarkan melalui seorang perempuan yang tidak melanjutkan lukisannya, seseorang yang melangkah mundur keluar dari hutan, dan langkah mundur seseorang dari kejaran ombak menuju pantai. Scene keempat yaitu langkah berderap, bermakna langkah yang bergerak serentak dan di gambarkan dengan gerombolan pemuda bergerak bersama sama. Scene kelima adalah langkah sendiri, yang memiliki makna langkah yang mandiri atau versi diri sendiri yang tidak mengikuti orang lain dan digambarkan dengan seseorang berjalan sendiri diatas gurun es luas. Scene keenam adalah langkah yang tidak melangkah, ini memiliki arti seseorang yang nyaman dengan pilihannya dan tidak ingin berganti pada pilihan lain namun ia tetap bergerak maju dan digambarkan oleh seorang perempuan menaiki kuda yang bergerak maju meskipun ia tidak melangkah. Scene ketujuh adalah langkah yang searah arus, memiliki makna mengikuti zaman atau trend dan di gambarkan dengan seseorang yang sedang berselancar. Scene kedelapan adalah langkah yang melawan arus, langkah yang berbeda dengan kebanyakan orang atau pilihan yang tidak mengikuti zaman dan digambarkan dengan pemuda menaiki eskalator padahal arahnya turun dan dimana semua orang menggunakan jas rapih tapi dia berpenampilan berbeda dengan hoodie. Scene kesembilan adalah langkah penasaran penuh pencarian yang memiliki makna rasa ingin tau akan suatu hal dan digambarkan dengan sekelompok pemuda menaiki bukit pasir untuk mengetahui apa yang ada dibalik bukit tersebut. Scene terakhir scene kesepuluh adalah langkah apa kita selanjutnya yang memiliki makna pilihan hidup apa yang nantinya akan kamu pilih dan digambarkan dengan seorang pria yang sedang berada pada persimpangan jalan.


METONIMI

Metonimi pada iklan A Mild versi "Langkah" ini adalah "Go Ahead" yaitu identitas lain dari A Mild yang berupa slogan dan memiliki arti "maju/melangkah kedepan" yang terpampang pada akhir video.





Comments

Popular posts from this blog

Abstrak penelitian film WALL-E

Review 20 Jurnal Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure.